Study tour yakni sebuah kegiatan aktivitas di luar ruangan kelas yang mempunyai tujuan untuk belajar mengenai proses suatu hal secara langsung. Aktivitas ini umumnya dilakukan oleh sekolah sekali dalam satu tahun. Selain menjadi sarana belajar para siswa, kegiatan ini pula menjadi sebuah kegiatan berekreasi. Proses belajar dalam kegiatan ini berbeda sebab para murid akan mengunjungi obyek secara langsung.

Proses belajar mengenai teori-teori di dalam kelas memiliki banyak perbedaan dibandingkan belajar tentang sebuah teori sambil melihat langsung obyek dari teori tersebut. Hal itulah yang menyebabkan banyak instansi Pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Selain mempunyai kesan menarik, tetapi juga kamu akan mendapatkan berbagai manfaat dari kegiatan ini.

Manfaat Kegiatan Study Tour

Untuk kegiatan wisata edukasi dengan durasi satu hari atau full day tour, biasanya kami menyebut sebagai kegiatan fieldtrip. Sedangkan untuk kegiatan wisata edukasi yang memakan waktu lebih dari satu hari (menginap), kya kya tour and travel menyebutnya sebagai study tour. Paket Study Tour Jogja yakni salah satu layanan yang disediakan oleh Kya Kya Tour and Travel. Dengan fasilitas yang super lengkap, sehingga nantinya siswa bisa melakukan pengamatan dan edukasi wisata di Kota Yogyakarya yang terkenal dengan tempat bersejarah.

Berikut dibawah ini beberapa manfaat yang didapat jika mengadakan kegiatan study tour.

1.) Bisa Memberikan Pengalaman yang Tidak Ditemukan Di Kelas

Tak semua hal mengenai proses belajar dapat dihadirkan dalam sebuah kelas. Hal ini adalah peran penting aktivitas tersebut sebab dengan kegiatan ini dapat memecahkan masalah dengan bertemu langsung dengan obyek penelitiannya.

2.) Sebagai Sumber Informasi Secara Langsung Untuk Siswa

Membaca buku saja tak akan cukup untuk memahami sebuah permasalahan. Siswa pasti akan merasakan kebosanan dan tidak bisa meresap penjelasan yang ada dalam buku. Dengan aktivitas ini siswa bisa turun langsung ke lapangan guna melihat obyek-obyek pembelajaran dan pembelajaran akan mudah dimengerti. Siswa akan mendapatkan informasi secara faktual, sebab langsung bertemu dengan sumber pembelajaran.

3.) Dapat Memberikan Pengalaman Menarik

Proses belajar seperti ini akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para murid. Selain bisa mendapatkan ilmu, siswa pula akan mendapatkan pengalaman baru yang dapat menjadi bekal pembelajaran ke jenjang berikutnya.

4.) Menaikkan Minat Belajar Siswa

Dengan melakukan kegiatan kunjungan-kunjungan ke suatu lokasi obyek tertentu yang mempunyai nilai pembelajaran dapat membuka wawasan para murid yang bisa ditemukan secara langsung. Dengan itu minat belajar akan meningkat sebab murid mendapatkan kesan belajar yang berbeda.

5.) Dapat Meningkatkan Kesadaran Terhadap Lingkungan

Jika kamu melakukan proses belajar di luar ruangan kelas maka akan bertatapan langsung terhadap alam sekitar. Siswa akan melakukan pengamatan mengenai obyek yang ada dalam lingkungan supaya lebih mengenal karakteristik dan hal lain yang berhubungan dengan obyek penelitian.

6.) Menumbuhkan Minat Pada Setiap Bidang 

Dengan terdapat kegiatan study tour, siswa tentunya akan mengenal lebih luas tentang dunia. Siswa akan lebih banyak mengenal bidang-bidang dalam Pekerjaan dan rutinitas masyarakat luas. Perihal itu akan menumbuhkan dan mempertajam cita-cita yang diinginkan. Orang-orang baru yang terdapat di sekitar lingkungan akan membuka wawasan baru untuk menambah pengetahuannya.

Indonesia mempunyai banyak daya tarik wisata yang memiliki nilai pembelajaran yang bisa menjadi rekomendasi. Kondisi tersebut bisa kamu gunakan untuk memperoleh manfaat seperti yang disebutkan di atas. Study tour bukan hanya sebagai sebuah perjalanan saja, melainkan sebuah perjalanan guna mempelajari sebuah hal baru untuk menambah wawasan dan pengetahuan.