Green house hidroponik adalah rumah kaca yang sering digunakan untuk menanam tanaman hidroponik. Kecenderungan "back to nature" membuat banyak orang lebih memilih teknik hidroponik ini. Konsep rumah kaca yang biasa kita gunakan untuk bercocok tanam hidroponik memang sedang tren di dunia pertanian.

Padahal teknik budidaya jenis ini sudah ada dan berkembang cukup lama. Sayuran yang dihasilkan dari teknik budidaya ini memiliki kualitas yang sangat baik. Ini karena tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tumbuh di petak hidroponik yang dikelola dengan baik.

Berikut beberapa model desain green house yang bisa menjadi referensi untuk digunakan:

Desain Multispan

Multispan adalah bentuk hibrida dari rumah kaca hidroponik yang menggabungkan piggyback dan tunnel. Biasanya desain ini banyak dijumpai sebagai media tanam di daerah perbukitan. Namun desain ini sebenarnya kurang cocok untuk kita buat tanaman hidroponik green house.

Ini berbeda ketika Anda menggabungkan desain tunnel dan piggyback menjadi desain multispan yang lebih fungsional. Jadi merancang konsep atap sebagai desain tunnel, yaitu melengkung setengah lingkaran. Sedangkan dindingnya dilapis model transparan.

Desain Piggyback

Piggyback merupakan desain rumah kaca yang cocok untuk kita gunakan di iklim tropis. Apalagi jika Anda menginginkan tanaman hidroponik di tempat yang luas. Jika kita lihat desainnya yang berlapis memang terlihat seperti rumah, namun ventilasi pada dinding dan atapnya transparan.  Untuk bagian atap, kita bisa membiarkannya sedikit terbuka sebagai bentuk ventilasi utama.

Ventilasi nantinya akan kita gunakan sebagai tempat pertukaran udara, selain itu penting untuk menjaga kelembaban dan suhu di dalam rumah kaca. Jika Anda berencana membuat green house dengan bahan sesuai standard, Anda dapat konsultasikan desain yang diinginkan disesuaikan dengan luas lahan dan budget Anda di Tritani.id yang menyediakan jasa pembuatan hidroponik green house mini mulai dari 2m x 3m.

Desain Hoop House

Hoop House adalah rumah kaca hidroponik berbentuk setengah lingkaran. Selain itu, desainnya hanya menggunakan plastik dengan cover yang tebal. Membangun rumah kaca dengan konsep hoop house memiliki beberapa manfaat yang akan Anda terima.

Diantaranya biaya lebih murah, ukuran rumah kaca dapat disesuaikan, dan cocok untuk iklim subtropis dan tropis. Namun, dengan jenis konstruksi ini, Anda harus mengeluarkan lebih banyak energi untuk mengatur suhu dingin dan panas.

Desain Learn To Greenhouse

Jika Anda menginginkan rumah kaca tanaman hidroponik tetapi tidak memiliki area yang luas, maka rumah kaca ini sangat cocok untuk Anda pilih. Banyak orang saat ini menggunakan desain ini. Karena siapa pun dapat memasang struktur langsung ke rumah untuk akses yang lebih mudah.

Itulah beberapa ide rumah kaca hidroponik yang bisa menjadi referensi untuk digunakan. Semoga bermanfaat.