Apakah Anda ingin mengetahui khasiat rambut sehat? Anda mungkin penasaran bagaimana mengenali tanda-tanda rambut yang rapi dan bersih tanpa kerusakan internal atau eksternal.

Terlepas dari jenis rambut, baik itu keriting, bergelombang atau lurus, Anda perlu memperhatikan cara merawat rambut dengan baik. Meski rambutmu tertutup hijab, kamu tetap membutuhkan tips perawatan rambut khusus agar tetap segar dan sehat.

Salah satu tips merawat rambut indah bisa dengan mudah Anda temukan di MasNoor.com dan juga informasi kecantikan lainnya. Selain itu masih banyak lagi informasi tentang bayi, kesehatan, fashion, parenting dll.

Jadi, bagaimana Anda tahu jika rambut Anda ternutrisi dengan baik? Ladies, berikut ciri-ciri rambut sehat yang harus kamu ketahui!

Kriteria rambut sehat dan indah

1. Sentuhan lembut

Tanda rambut sehat yang paling bisa dilihat adalah tekstur rambut yang lembut ketika disentuh. Selanjutnya, perhatikan ujung rambut. Jika tidak ada ujung bercabang, rambut Anda dalam kondisi yang cukup bagus. Sekarang coba telusuri di antara rambut. Apakah jari Anda terasa halus dan halus saat menyentuh helaian rambut Anda? Jika demikian, Anda perlu bantuan.

2. Rambut tumbuh lebih panjang

Lihat apakah rambut Anda tumbuh dengan cepat? Setidaknya ½ inci rambut tumbuh dalam periode 1 bulan. Jika Anda merasa rambut Anda tetap sama selama berbulan-bulan, ada sesuatu yang salah.

Pertumbuhan rambut menunjukkan kulit kepala yang sehat dan kebutuhan nutrisi karena makanan biasanya mengalir melalui rambut. Jika rambut Anda tidak tumbuh, masalahnya bisa berupa kulit kepala yang tidak sehat atau pola makan yang buruk nutrisi.

3. Rambut berkilau

Rambut berkilau berarti minyak alami dari kulit kepala dapat mencapai kutikula rambut. Kemudian distribusikan secara merata pada batang rambut.

Minyak alami ini mengunci rambut Anda saat Anda sering menggunakan produk rambut. Residu hairspray, gel, atau serum yang tidak dibersihkan dengan benar dapat membuat rambut kusam dan kehilangan kilaunya.

4. Hanya kerontokan kecil

Rambut rontok saat menyisir atau keramas? Tidak ada alasan untuk panik. Padahal, kerontokan rambut merupakan bagian dari siklus pertumbuhan rambut. Setiap rambut yang terlepas dari akarnya akan tumbuh kembali menjadi rambut baru.

Sedikit rambut rontok adalah normal. Menurut American Academy of Dermatology, setiap orang kehilangan 50 hingga 100 helai rambut setiap hari. Jika kerontokan lebih dari 100 helai, ini tandanya ada masalah pada rambut Anda.

5. Saat ditarik, rambut tidak mudah patah

Rambut yang sehat juga ditandai dengan elastisitasnya, karena rambut tidak mudah patah saat disisir. Rambut elastis dicapai melalui diet sehat dan bergizi. Asupan makronutrien dan mikronutrien esensial seperti protein, vitamin, zat besi dan biotin juga dapat menutrisi rambut.

Jika rambut Anda tidak menunjukkan tanda-tanda di atas, Anda dapat mengikuti tips perawatan rambut berikut untuk mendapatkan rambut sehat impian Anda.