Siapa yang tidak bahagia memiliki rumah yang bersih dan rapi? Untuk selalu bersih, Anda perlu menjaga kebersihan rumah Anda setiap saat. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan secara rutin oleh seluruh anggota keluarga untuk memudahkan pekerjaan membersihkan rumah.

Bagaimana cara Anda menjaga kebersihan rumah setiap hari? Yuk, simak tipsnya di sini!

1. Rapikan tempat tidur setiap pagi

Salah satu cara pertama untuk menjaga kebersihan rumah adalah dengan membersihkan tempat tidur secara konsisten. Musuh di dalam ruangan adalah debu, bulu hewan pada hewan peliharaan, tungau debu rumah dan jamur di ruangan lembab. Anda harus merapikan tempat tidur setiap pagi saat bangun tidur untuk mencapai tujuan membersihkan rumah.

2. Sapu lantai setiap hari

Permukaan lantai lebih sering bersentuhan dengan kita daripada permukaan dinding. Anda bisa mulai menjaga kebersihan rumah dengan memperhatikan area-area tersebut agar terhindar dari bakteri, kuman, dan virus. Menyapu setiap hari bisa mencegah debu, kotoran, dan sisa makanan jatuh secara tidak sengaja.

3. Bersihkan kamar mandi secara teratur

Kamar mandi merupakan ruangan terpenting dalam sebuah hunian. Fungsi utama kamar mandi adalah untuk membersihkan diri, buang air kecil dan buang air besar. Toilet yang mampet seringkali menimbulkan kepanikan, kondisi ini tentunya mempengaruhi kebersihan rumah dan kenyamanan keluarga Anda.

Anda dapat dengan mudah membersihkan toilet yang tersumbat dengan memanggil jasa sedot WC Mojokerto. Harga sedot WC Mojokerto juga tergolong murah dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

4. Lakukan declutter barang secara berkala

Menyingkirkan atau merapikan barang-barang yang tidak terpakai merupakan salah satu langkah atau cara menjaga kebersihan rumah. Namun cara ini cukup sulit untuk diterapkan. Karena banyak orang yang merasa kasihan dengan hartanya ketika dibuang padahal sudah tidak dibutuhkan lagi. Selain itu, tekanan waktu juga menjadi penyebab kesulitan dalam pengurusan barang reguler.

5. Bersihkan meja dapur setelah memasak

Dapur selalu kotor setelah dipakai memasak. Berbagai kontaminasi seperti tumpahan minyak, bahan makanan seperti gula, garam dan sisa sayuran harus segera dibuang. Anda bisa meluangkan waktu 5-10 menit untuk fokus membersihkan dapur. Setelah digunakan, bersihkan meja dapur agar sisa makanan dan sisa makanan tidak menumpuk dan menjadi tempat berkembang biaknya penyakit.