Backlink adalah salah satu faktor terpenting dalam SEO. Pada dasarnya, backlink adalah tautan pada halaman web yang mengarah ke halaman lain. Mesin pencari seperti Google melihat backlink sebagai cara untuk memverifikasi otoritas dan relevansi situs Anda.

Macam-macam Backlink dan Penjelasannya

1. Backlink Komentar

Untuk mendapatkan backlink tipe komentar sangat sederhana, Anda hanya perlu berkomentar di blog orang lain menggunakan opsi Name/URL atau Open Id. Pastikan untuk meninggalkan jejak tautan aktif atau jejak kembali ke halaman blog Anda saat berkomentar.

2. Backlink Contextual

Jenis backlink dianggap berkualitas tinggi dan direkomendasikan, biasanya link dalam artikel ditempatkan baik di tengah sebagai link terkait atau di akhir artikel sebagai sumber. Itu juga bisa berupa semacam tautan kontekstual yang disertakan dalam gambar.

Backlink ini dianggap natural karena menyerupai referensi. Sangat disarankan untuk membangun tautan jenis ini. Dalam hal kekuatan kembali ke situs web yang digunakan sebagai sumber tautan balik.

3. Backlink Situs PBN

Kita dapat membuat blog pribadi dan memberikan tautan satu arah ke blog Sitemoney. Akan tetapi ketika membuat webnode/blog baru, efeknya kecil bahkan memberatkan blog utama, sehingga membutuhkan blog PBN yang berkualitas.

Untuk mendapatkan PBN dengan reputasi baik, Anda bisa membeli domain expired atau menggunakan layanan jasa PBN berkualitas seperti JasaPBN.org.

4. Backlink EDU

Ada banyak jenis domain yang bisa digunakan, salah satunya adalah EDU (education), domain untuk website pendidikan. Jenis domain ini dianggap yang terbaik karena memiliki prioritas lebih tinggi di mata Google.

Banyak para master SEO yang mengoptimalkan blognya dengan domain EDU, selain kualitas yang dijamin oleh mesin pencari, domain jenis ini juga dianggap paling aman dan tidak memiliki efek samping jangka panjang.

5. Backlink Wiki

Ini adalah backlink kontekstual karena Anda meletakkan backlink langsung di posting blog, bisa juga di bagian sumber. Karena transparansinya, jenis backlink ini banyak dicari oleh para profesional SEO.

Wiki adalah situs arsip dokumen hypertext, semua pengguna diizinkan untuk mengubah konten dan mengedit artikel dalam koleksi arsip. Istilah wiki juga mengacu pada mesin yang menggunakan kolaborasi antara pengguna dan pemilik.